Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Karyawan Dan Mahasiswa Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat)

Penulis

  • Sri Nova Deltua Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat
  • Qumil Laila Arham Politeknik 'Aisyiyah Sumatera Barat
  • Chintia Pratama Putri Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat
  • Puja Lestari Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat

Kata Kunci:

mobile banking, kepuasan, bank syariah indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan mobile baking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi pada karyawan dan mahasiswa Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan deasin penelitian analitikuntuk mengetahui atau membandingkan pengaruh atau hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan pada penelitian ini dengan menggunakan uji regresi berganda dan untuk pembuktian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan mobile banking memiliki koefisien yang tinggi sebesar 0,371 hal tersebut menjelaskan bahwa penggunaan mobile banking memiliki pengaruh yang besar terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia. Nilai uji F sebesar 3,826 dengan nilai signifikannya sebesar 0,000 menunjukan bahwa variabel mobile banking memiliki pengaruh terhadap kepuasan. Dari hasil uji t memiliki nilai signifikan dari mobile banking sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai rhitung> rtabel adalah sebesar 2,491 > 2,262 artinya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Referensi

Adela, M. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Bni Syariah Kcp Rajabasa) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022).Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(2), 269-283.

Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Fitur dan Keamanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep. Alkasb: Journal of Islamic Economics, 1(1), 70-89.

Dwinurpitasari, Y. A. (2019). pengaruh kualitas layanan dan produk mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada bri syariah kcp ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Febrianta, A., & Indrawati, I. (2016).Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bca Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 3(3).

Fernos, J., & Gietricen, G. (2020).Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Mobile Banking pada Bank Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Pundi, 3(2), 137-150.

Fitria, A., Munawar, A., & Pratama, P. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking Dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 43-52.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2019).Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), 4267-4275.

Hernandez, A., & David, F. (2022).Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Dalam Transaksi Sehari-Hari. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 17-32.

Imelda, S., & Huwaida, H. (2019).Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bri Kcp Kayu Tangi Banjarmasin. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 101-109.

Khumaini, S., Fahrudin, F., & Samsuri, S. (2022).Pengaruh Fasilitas Layanan Internet Banking Dan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 3(2), 143-153.

Kotler & Keller.(2016). Manajemen Pemasaran. Molan B, penerjemah; Jakarta: Prehalindo. Terjemahan dari: Marketing Management.

Marginingsih, R. (2020). Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile di Kota Depok). Moneter-Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 24-31.

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(1), 87-104.

Rizal, S., & Munawir, M. (2017).Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Menggunakan Mobile Banking (M-Banking) Pada Bank BCA Cabang Banda Aceh. Jurnal Emt Kita, 1(2), 68-78.

Setiawan, H. (2016). Pengaruh kualitas layanan, persepsi nilai dan kepercayaan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna layanan mobile banking. Jurnal keuangan dan perbankan, 20(3), 112487.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung.

Supriyono, M. (2011). Buku Pintar Perbankan. Andi. Yogyakarta.

Wardhana, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia [Effect of Mobile Banking (M-Banking) Service Quality on Customer Satisfaction in Indonesia] DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 10(2), 273-284.

Unduhan

Diterbitkan

22-02-2024

Cara Mengutip

Nova Deltua, S. ., Laila Arham, Q., Pratama Putri, C., & Lestari, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Karyawan Dan Mahasiswa Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 4(1), 1–6. Diambil dari http://ojs-ejak.id/index.php/Ejak/article/view/104