Asas-Asas Motivasi Karyawan Pada PT. Sentana Adidaya Pratama Dumai

Penulis

  • Angelia Debby A STIA Lancang Kuning
  • Dila Erlianti STIA Lancang Kuning

Kata Kunci:

Motivasi, Karyawan

Abstrak

-PT. Sentana Adidaya Pratama  (SADP) merupakan sebuah perusahaan bisnis dengan trading pupuk yang menjadi komoditi utama, dengan menggunakan merek  Mahkota menjadi salah satu anak perusahaan Wilmar group indonesia yang merupakan perusahaan agrobisnis terbesar di dunia, untuk itu dibutuhkan karyawan yang bekerja dalam mengelola serta menjalankan perusahaan dengan baik. Dalam pelaksanaan asas-asas motivasi karyawan, ditemukan gejala yaitu masih adanya karyawan yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan/training yang diberikan perusahaan dan masih kurangnya pemberian penghargaan/reward kepada karyawan yang telah bekerja dengan baik. Penelitian menggunakan teori Hasibuan (2009), asas-asas motivasi tersebut antara lain asas mengikutsertakan, asas komunikasi, asas pengakuan, asas wewenang yang didelegasikan dan asas perhatian timbal balik. Populasi penelitian adalah karyawan sebanyak 261 orang, dimana menggunakan 2 (dua) metode yaitu metode sensus, dan proportional random sampling. Hasil penelitian dikategorikan Baik yaitu dengan total Skor 4.995 berada pada rentang skor 4200 – 6300 dengan persentase skor 79,28 %, faktor pendukung yaitu adanya asas perhatian timbal balik dan adanya asas pengakuan yang diberikan oleh Perusahaan. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih kurangnya wewenang yang didelegasikan kepada karyawan yang dirasakan sangat berperan aktif dan masih kurangnya komunikasi antara pimpinan dengan karyawan.

Referensi

Afrizal, D., Anisa, D., Khaliq, M., & Yusrizal, D. (2021). Produktivitas, Kualitas Layanan, Reponsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas pada Dinas Perhubungan Kota Dumai. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.33701/jtpm.v1i1.1864

Afrizal, D., Dwi Oktari, S., & Martadinata Putra, A. (2023). Niat Pelaku UMKM dalam Penggunaan Aplikasi Online: Ditinjau dari UTAUT Model. Ekonomika, 7(1), 230–239. http://journal.lldikti9.id/Ekonomika

Ghozali. (2018). Metodologi Penelitian. 41–58. https://doi.org/10.31219/osf.io/xy6uv

Hafrida, L., Hildawati, H., Sari, Y., Yanti, M., & Afrizal, D. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Dikelurahan Cempedak Rahuk Kecamatan Tanah Putih. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 507–527. https://doi.org/10.14710/dialogue.v5i1.16962

Haninda, R. N., & Hermawan, R. Y. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Area Wilayah Sidoarjo. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 4(2), 37-58.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pustaka.

Pudarika, D., & Puspadewi, R. N. M. S. (2023). Analisis Pengaruh Reward Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Di Departemen Food And Beverages Countyard By Marriott Bali Seminyak Resort. Jebiman: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Managemen dan Akuntansi, 1(4), 355-365.

Punang, M. G. T., Mitan, W., & Sanga, K. P. (2023). Pengaruh Kepercayaan Atas Sistem Informasi Akuntansi, Pelatihan Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada Ksp Kopdit Megu Lekuk Hubin. Jurnal Accounting UNIPA, 2(1), 141-154.

Putri, R. A., Lisnawati, L., & Hidayaty, D. E. (2023). Motivasi Karyawan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Pada UMKM Martabak. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).

Saputra, F., Gustari, I., & Sihite, M. (2023). Pengaruh Budaya Perusahaan, Pendidikan Pelatihan Dan Ethos Kerja Terhadap Motivasi Karyawan Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan OPD BNI Syariah Pusat. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(3), 328-340.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Debby A, A., & Erlianti, D. (2023). Asas-Asas Motivasi Karyawan Pada PT. Sentana Adidaya Pratama Dumai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 3(2), 20–26. Diambil dari http://ojs-ejak.id/index.php/Ejak/article/view/93