Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aira’ S Jaya Bersama

Penulis

  • Nasrullah Nasrullah STIE Tuah Negeri

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Dalam penelitian ini mengangkat persoalan pada pengaruh kualitas produk dan haarga terhadap keputusan pembelian pada UD. Aira’s Jaya Bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan teknik analisis statistic Dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian hasil menunjukan pengaruh secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, Dengan nilai korelasi sebesar 0,306 dan berkontribusi pengaruh sebesar 9,4%, serta pada pengujian hipotesis nilai t hitung > tabel atau (2,229 > 2,021), pada variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi sebesar 0,382 dan berkontribusi pengaruh sebesar 14,6%, serta pada pengujian hipotesis nilai t hitung > tabel atau (2,863 > 2,021).serta pada  pengujian simultan berpengaruh signifikan pada variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Dengan nilai persamaan regresi Y= 4.659 + 0.109(X1)  + 0.360(X2), nilai korelasi sebesar 0,392 dan berkontribusi pengaruh sebesar 15,4% sisanya dipengaruhi variabel lain. Pada uji simultan didapatkan nilai F hitung > F tabel atau (4,268 > 3,191).

Referensi

Afrizal, D., Utama, S., Hildawati, H., Yuhardi, Y., & Sofyan, S. (2023). Factors Influencing The Intention of Businesses Actor To Adopt Online Applications : An Empirical Evidence In Indonesia. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 3(1), 66–75.

Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1), 38-49.

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 492-503.

Amanah, D. (2010). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop cabang HM Yamin Medan. Jurnal keuangan & bisnis, 2(1), 71-87.

Amelia, Y., & Asmara, R. Y. (2019). The Effect of Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Return in The Consumer Goods Industry Sector Listed in Indonesia Stock Exchange 2012-2017. International Humanities and Applied Science Journal, 2(3), 30-37.

Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), 54-66.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). In Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIKA_PENELITIAN_MENGGUNAKAN_SPSS_U/acpLEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+t+adalah&printsec=frontcover

Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Donat Madu Lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 593-604.

Hafrida, L., Hildawati, H., Sari, Y., Yanti, M., & Afrizal, D. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Dikelurahan Cempedak Rahuk Kecamatan Tanah Putih. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 507–527. https://doi.org/10.14710/dialogue.v5i1.16962

Hijeriah, E. M., Erlianti, D., Shaliza, F., & Afrizal, D. (2023). Health Service Satisfaction At Dumai City Hospital. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 513–524.

Hijeriah, E. M., Mesia, & Yuhardi. (2023). Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PT Dumai Auto Perkasa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 3(1), 23–29.

Hijeriah, E. M., & Sofyan. (2022). Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT Dasatama Cemerlang Motorindo Dumai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak (EJAK), 2(1), 29–34.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Losung, Y. H., Wenas, R. S., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap kepuasan Konsumen Pengguna kartu Prabayar Telkomsel di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 401-411.

Mardikaningsih, R. (2021). Pencapaian Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Melalui Harga, Ekuitas Merek, dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Baruna Horizon, 4(1), 64-73.

Nugroho, B. W. D., Jakti, N. J. K., Rochman, M. A. N., & Nugroho, A. J. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Gula Dan Biaya Kualitas Dalam Menunjang Efektivitas Produksi:(Studi Kasus: PT Madu Baru Pg Madukismo). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 2(2), 72-81.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-188.

Praja, Y. (2022). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 31-41.

Qomaruddin, N., & Prabowo, B. (2023). Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Kedai Ms18 Lamongan. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 300-307.

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Shaliza, F., & Yanti, D. R. (2022). Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan Grapari Telkomsel Dumai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak (EJAK), 2(2), 30–35.

Zulkifli, Z., Riana, Y., & Dahlia, N. (2023). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tuah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 3(1), 9-16.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Nasrullah, N. (2023). Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aira’ S Jaya Bersama. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 3(2), 13–19. Diambil dari http://ojs-ejak.id/index.php/Ejak/article/view/92