Pendidikan Kewirausahaan Dan Peminatan Kewiraushaaan: Studi Kasus Pada Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Penulis

  • Fakhri Rabialdy Program Studi Kewirausahaan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Kata Kunci:

Pendidikan Kewirausahaan, Peminatan Kewirausahaan

Abstrak

Pendidikan kewirausahaan merupakan komponen penting dalam peminatan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan mampu meningkatkan kompetensi, skill, dan pengetahuan dibidang kewirausahaan. Dalam hal ini, peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk menguji pengaruh hubungan pendidikan kewirausahaan terhadap peminatan kewirausahaan mahasiswa dan mahsiswa tingkat akhir di Universitas Pahlawan. 256 mahasiswa dan mahasiswi terlibat dalam penelitian ini yang dipilh dengan menggunakan simple random sampling. Selanjutnya, peneltian ini menemukan bahwa 45.6% atau sebanyak 119 orang mengembalikan angket scecara utuh. Maka, hasil tersebut digunakan untuk dijadikan sebagai data yang digunakan dalam penganalisisisan data. Dalam analisis tersebut, ditemukan bahwa pendidikan kewiraushaan memiliki hubungan kuat kepada peminatan kewirausahaan dan serta pengaruh antara kedua variable tersebut memilki hubungan yang positif dan signifikan bagi mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir di Universitas Pahlawan. Dengan adanya hasil tersebut, pendidikan kewirausahan dituntut untuk dapat dilaksanakan secara berkala agar peningkatan kompetensi, skill dan kemampuan pada bidang kewirausahaan dapat tercapai. Selanjutnya, hasil dari penelitian juga dapat dijadikan rujukan bagi pemerintah, peneliti dan bahkan lembaga yang membutuhkan agar dapat meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia.

Referensi

Firdaus, V., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Pelatihan Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Jember. Fenomena, 17(2), 263–286.

Gerba, D. T. (2012). Impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of business and engineering students in Ethiopia. African Journal of Economic and Management Studies, 3(2), 258–277. https://doi.org/10.1108/20400701211265036

Hamzah, H., Yahya, Z., Sarip, A. G., & Adnan, Y. M. (2016). Impact of entrepreneurship education programme (EEP) on entrepreneurial intention of real estate graduates. Pacific Rim Property Research Journal, 22(1), 17–29. https://doi.org/10.1080/14445921.2016.1158897

Hoang, G., Le, T. T. T., Tran, A. K. T., & Du, T. (2021). Entrepreneurship education and entrepreneurial intentions of university students in Vietnam: the mediating roles of self-efficacy and learning orientation. Education and Training, 63(1), 115–133. https://doi.org/10.1108/ET-05-2020-0142

Krejcie, R. V, & Morgan, D. (1970). Determining Sample Size For Research Activities. Educational and Psychological Measurement, 30, 607–610. https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F001316447003000308

Otache, I., Umar, K., Audu, Y., & Onalo, U. (2019). The effects of entrepreneurship education on students’ entrepreneurial intentions: A longitudinal approach. Education and Training. https://doi.org/10.1108/ET-01-2019-0005

Patimah, S., Wiska, M., & Gusteti, Y. (2022). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Minat Masyarakat Berwirausaha (Studi Kasus Di Balai Latihan Kerja Kabupaten Bungo). Jurnal Manajemen Dewantara Volume, 6(2), 143–152.

Patricia, P., & Silangen, C. (2016). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention in Indonesia. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(1), 67. https://doi.org/10.19166/derema.v11i1.184

Rabialdy, F., Ibrahim, S. B. M., & Zuryani, H. (2022). The Relationship between Attitude toward Behaviour , Subjective Norm , Perceived Control Behaviour on Entrepreneurship Intention : An Empirical Study on Indonesia SME Owners. International Journal of Business and Technopreneurship, 12(2), 53–62.

Radzi, N. F. (2019a). Factors Influencing Entrepreneurship Development. Journal of Engineering, Technology and Social Sciences, 1(April), 0–13.

Radzi, N. F. (2019b). Factors Influencing Entrepreneurship Intention Among Students. Jurnal Kejuruteraan, Teknologi Dan Sains Sosial, 1(1), 9–17.

Ridha, R. N., Burhanuddin, B., & Wahyu, B. P. (2017). Entrepreneurship intention in agricultural sector of young generation in Indonesia. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1), 76–89. https://doi.org/10.1108/apjie-04-2017-022

Sandi, A., & Nurhayati, M. (2020). Effect of Entrepreneurship Education, Family Environment and Self-Efficacy on Students Entrepreneurship Intention. Advances in Economics, Business and Management Research, 120(Icmeb 2019), 9–12. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200205.003

Susanto, S. C. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 277–286.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6

Yaqin, M. K., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(2), 78–85.

Zhang, P., Wang, D. D., & Owen, C. L. (2015). A study of entrepreneurial intention of university students. Entrepreneurship Research Journal, 5(1), 61–82. https://doi.org/10.1515/erj-2014-0004

Zikmund, W. G. (2003). Business Research Methods. Thomson/South-Western

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Rabialdy, F. (2023). Pendidikan Kewirausahaan Dan Peminatan Kewiraushaaan: Studi Kasus Pada Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 3(2), 7–12. Diambil dari http://ojs-ejak.id/index.php/Ejak/article/view/76