Bauran Pemasaran Pada Cv Prima Yamaha Nusantara Dumai

Penulis

  • Fara Shaliza STIA Lancang Kuning Dumai
  • Herlina Wati STIA Lancang Kuning Dumai
  • Sofyan Sofyan STIE Mahaputra Riau

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran, Konsumen, Produk

Abstrak

CV Prima Yamaha Nusantara Dumai harus mampu bersaing dalam meningkatkan volume penjualan sepeda motor dengan melakukan strategi pemasaran. Namun berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan keluhan dari konsumen mengenai kurangnya promosi yang mengakibatkan jumlah penjualan produk menurun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bauran pemasaran pada CV Prima Yamaha Nusantara Dumai. Teori yang digunakan mengacu pada Kotler & Amstrong mengenai empat bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi (Bahri 2019). Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 102 responden. Jenis data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif dengan pengolahan data menggunakan skala likert. Hasil penelitian berada pada kategori Baik dengan skor 3.019. Faktor pendukung bauran pemasaran adalah produk dan tempat, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya promosi dan potongan harga.

Referensi

Afrizal D., Effendi N., & Handayani P. (2019). Upaya Pemberian Pelayanan Publik di UPT Puskesmas Balai Makam Kabupaten Bengkalis. Jurnal Niara. 12(1):69–78.doi:

Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Farida I., Tarmizi A., & November Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 1(1):31–40.

Garib W. Bin, Lapian S. L. H. V. J., & Mananeke L. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Malalayang. Jurnal EMBA. 7(1):901–910.doi:https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22919.

Hamsona D. A., & Susilowati I. F. (2019). Perlindungan Hukum terhadap Keselamatan Penumpang Kendaraan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. Novum: Jurnal Hukum. 6(2):1–8.doi:https://doi.org/10.2674/novum.v6i2.30141.

Herdiana A. F. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 4(2).

Hidayah I., Ariefiantoro T., & Nugroho D. W. P. S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Pudanis di Kaliwungu). SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi. 19(1):76–82.doi:http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001.

Shaliza F., Yanti D. R., & Sopyan. (2022). Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan Grapari Telkomsel Dumai. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pajak (EJAK). 2(2):30–35.

Siregar S. (2011). Statistik Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsi D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. 21(1):7–13.doi:https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473.

Syaleh H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING). 1(1):68–82.doi:https://doi.org/10.31539/costing.v1i1.16.

Wijayanti C. W. (2017). Citra Mahasiswa Menggunakan Kendaraan: Studi Fenomenologi Mahasiswa UNS dalam Membangun Citra Menggunkaan Kendaraan Sepeda Motor. Jurnal Analisa Sosiologi. 6(2):91–106.doi:https://doi.org/10.20961/jas.v6i2.18170.

Unduhan

Diterbitkan

22-02-2024

Cara Mengutip

Shaliza, F., Wati, H., & Sofyan, S. (2024). Bauran Pemasaran Pada Cv Prima Yamaha Nusantara Dumai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 4(1), 13–17. Diambil dari http://ojs-ejak.id/index.php/Ejak/article/view/102